Senin, 30 Agustus 2010

FINAL BWC 2010 (Revisi)

Wuedaannn dari sepuluh finalis BWC 2010, 8 diantaranya berbenderakan merah berhias bintang kuning! Bahkan, 3 nomor masing-masing di Ganda Putri (WD), Tunggal Putri (WS), dan Ganda Campuran (XD) sudah dipastikan menjadi milik CHINA (CHN). Dan dua nomor lagi pun masih sangat memungkinkan diborong oleh CHN yang juga meloloskan satu wakil di Ganda Putra (CHN) dan Tunggal Putra (MS). Well, as always CHN lagi-lagi masih mendominasi perbulutangkisan dunia terutama di sektor putri. Meskipun cukup sering absen di turnamen Super Series yang membuat ranking mereka melorot, namun sama sekali tidak membuat penampilan mereka menurun. Oleh karena itu meski pelatih kepala CHN sesumbar menurukan target di BWC kali ini mengingat kondisi internal para pemain CHN yang ini dan itu, tetapi bukan berarti mereka mudah dikalahkan begitu saja. Dan bukan tak mungkin CHN akan menyapu semua gelar di BWC 2010 ini (And it becomes true! awesome! )! Well, kita bahas aja yuuk Finalis BWC 2010, here they are..

1. Mixed Doubles: Zheng Bo/Ma Jin (CHN) VS He Hanbin/Yu Yang (CHN)

Zheng Bo/Ma Jin

· Unggulan : 8

· BWF’s rank: 60

· 2010’s title: -





He Hanbin/Yu Yang


· Unggulan : 6

· BWF’s rank: 13

· 2010’s title: Korea Super Series





Penulis tidak begitu mengikuti perkembangan kedua pasangan CHN ini tetapi yang pasti pasangan CHN selalu memnyulitkan lawan-lawannya. Paeringkat yang buncit tidak berbanding dengan prestasimereka yang mengagumkan. O,y, Zheng Bo/Ma Jin adalah peraih medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

2. Men’s Single: Taufik Hidayat (INA) VS Chen Jin (CHN)

Taufik Hidayat

· Unggulan : 5

· BWF’s rank: 4

· 2010’s title: -





Chen Jin

· Unggulan : 4

· BWF’s rank: 5

· 2010’s title: Swiss Super Series






Kedua pemain ini sudah beberapa kali bertemu dan seingat penulis terakhir Chen Jin lebih unggul dari TH. Chen Jin yang pernah juara All Englang adalah juniornya Lin Dan, musuh bebuyutan sang lawan TH. TH yang kini hampir memasuki kepala 3 memeiliki masalah dengan stamina sehingga tahun-tahun belakangan ini prestasinya sudah mulai menurun. Tetapi bagaimanapun TH adalah pemain dengan jam terbang yang mumpuni, dan tehniknya pun oke punya. Namun, itu tadi faktor stamina dan motivasi yang menganjal pemain peraih emas olimpiade Athena ini untuk konsisten beberapa tahun ini.

3. Women’s Single: Lin Wang (CHN) VS Wang Xin (CHN)

Lin Wang

· Unggulan : 7

·BWF’s rank: 13

· 2010’s title: -









Wang Xin

· Unggulan : 3

· BWF’s rank: 3

· 2010’s title: Proton Malaysia Super Series








Sama seperti di Women’s Single, penulis tidak banyak mengikuti perkembangan pemain putrid CHN dan bahkan keseluruhan. Alasannya simple aja karena bukan pemain INA dan so far sektor putrid masih amat sangat didominasi oleh para pemain CHN. Tapi satu hal yang bikin penulis salut, CHN khususnyadi sektor putri selalu mengalami regenerasi yang cepat. Baru kemarin-kemarin kita akrab dengan nama-nama seperti Xie Xin Fang, Lu Lan, Zhang Ning, tapi sekarang yang terdengar dan bahkan menempati ranking 1 dunia adalah Wang Yi Han, juga Wang Xin, Lin Wang, dll. Pokoknya persaingan di sektor putrid CHN itu amat sangat ketat. wow! *kapan yah INA bisa kayak begini??*

4. Women’s Doubles: Ma Jin/Wang Xiaoli (CHN) VS Du Jing/Yu Yang (CHN)

Ma Jin/Wang Xiaoli


· Unggulan : 1

· BWF’s rank: 1

· 2010’s title: -



Du Jing/Yu Yang

· Unggulan : 2

· BWF’s rank: 3

· 2010’s title: All England Super Series, Proton Malaysia Super Series






As previous, still not really familiar with this. Yang pasti diantara tunggal dan ganda, kekuatan CHN lebih di ganda. Paling pasangan Korea yang sesekali waktu bisa menembus dominasi CHN. Satu fakta yang cukup unik dari pemain ganda CHNà most of them chose cepak hair cut as men! jalu BGT deh kebnyakan pemain Ganda Putri CHN mah. Buktinya kayak gambar Du Jing/Yu Yang di atas.

5. Men’s Double: Koo Kien Kiet/Tan Boon Heong (MAS) VS Chai Yun/Fu Haifeng (CHN)

Koo Kien Kiet/Tan Boon Heong

· Unggulan : 1

· BWF’s rank: 1

· 2010’s title: Proton Malaysia Super Series







Chai yun/Fu Haifeng

· Unggulan : 5

· BWF’s rank: 28

· 2010’s title: -









Naah..kalau yang ini penulis tahu lah sedikit banyak. Koo Kien Kiet pasangan nomor satu saat ini mesti mengahadapi pasangan kawakan CHN Chai Yun/Fu Haifeng. Chai Yun/Fu Haifeng meski sudah cukup jarang tampil di kejuaraan badminton, namun tetap maih sangat kompak. Usia yang sudah tak lagi muda belum menurunkan stamina juara dunia beberapa kali ini. Namun demikian, semangat muda dan motivasi untuk menggagalkan sapu bersih gelar oleh CHN pasti menjadi penyemangat tersendiri bagi pasangan yang dilatih oleh eks pemain ganda INA, Reksi Mainaki. Sektor Ganda Putra ini sebetulnya menjadi sektor terlemah CHN pasalnya selain Chai Yun/Fu Haifeng belum ada lagi paangan yang bisa meyamai prestasi seniornya tersebut. Meski beitu, sejauh ini penampilan Chai/Fu masih konsisten. Dan taukah sodara-sodara,penulis dilema milih yang mana coz di satu sisi penulis gak rela CHN nyapu bersih gelar (bisi makin gede aja tuh hulunya! heu) tapi di lain sisi penulis juga agak berat gimana dukung Malaysia yang notabene lagi berkonflik sama tanah air tercinta (rasa nasionalismenya lagi on! hehe). Anyway ini olah raga yang gak ada sangkut pautnya sama masalah politik, jadi yah penulis sih hanya berharappartai ini bisa menjadi partaipamungkas yang berlangsung seru, ketat, dan dramatis. Siapa pun pemenangnya tak jadi soal, yang pasti keduanya sama-sama kuat dan pemenangnya adalah yang paling siap dan memang digariskan untuk menang! :)

Catatan:

1. Ranking tidak serta merta menjadi tolok ukur utama dalam bulutangkis.

2. Gelar tahun 2010 diambil dari turnamen Super Series. Jadi bagi yang belum ada gelarnya bukan berarti tahun ini mereka benar-benar tanpa gelar, tapi bisa jadi mereka sebenarnya telah meraih gelar di turnamen kelas Grand Pix, dll. Sayangnya penulis tidak memiliki data pemenang turnamen selain Super Series.

3. Entri ini dibuat saat pertandingan final sedang berlangsung, maka jangan heran bila di awal penulis masih belum baru menjabarkan profil finalis tapi di akhir-akhir sudah ada resultnya.

4. Mohon maaf bila ada tulisan yang kurang berkenan atau tidak sesuai, mohon diluruskan. Postingan ini dibuat atas dasar passion pribadi tidak kurang, tidak lebih.

5. Hope u guys enjoy reading this posting.. :))

Tidak ada komentar: