Senin, 09 Januari 2012

Balada Minggu Tenang: Curahan Hati Seorang Mahasiswa


Alhamdulillah….akhirnya hari senin (9 Januari 2012) ini tiba juga,
Hum…hari ini bisa dikatakan hari yang paling painful, eh tapi gak juga deh, yang painful itu hari-hari menjelang hari ini nya denk.  Dan apakah yang membuat hari-hari kemarin terasa begitu melelahkan?  Padahal kan minggu kemarin itu (ceritanya) minggu tenang loh.  Tapi penulis, boro-boro tenang yaa, yang ada gundah gulana! ;)

Kenapa coba??  Salah besar ya kalau yang namanya minggu tenang adalah minggu bersantai bagi mahasiswa, pilihan kata minggu tenang itu kayaknya sih emang sengaja dipopulerkan supaya gak menimbulakan kesan yang gimanaaaaaaa gitu, soalnya kan pada kenyataannya minggu teang itu tidak pernah benar-benar ada dalam kamus mahasiswa, apalagi menjelang UAS!  

Hayooh yang mahasiswa siapa diantara kalian yang menikmati minggu tenang?  Pasti ada lah yaa Cuma presentasinya pasti sangaaaaaaat minim! (haha..streotyping saia).  Minggu tenang itu kebanyakan malah jadi kayak terror tersendiri buat kita mahasiswa, ya gak sih? *mencari pembenaran*.  Oke, kalau kalian gak, penulis sih gitu.  Okelah hari pertama kedua kita masih bisa, tenang laah masih lima hari, ehh tapi yaa itu pressure-nya makin hari makin…beuh edan lah!  

Dan, kondisi kayak gitu tuh hampir selalu terjadi di setiap semester! Bayangin ya, tiap semester!  Dan semester ini sebagaimana semester-semester lalu, ya gitu juga.  Sang terror datang dari tugas akhir di satu mata kuliah yang deadline-nya senin ini padahal jadwal UAS-nya masih kamis *ngarep ada kelonggaran waktu*.  Dengan format-nya yang rinci dan cukup bikin isi kepala penulis awut-awutan, dengan tema-nya yang susah-susah gampang, dengan jumlah kata-nya yang musti nyampe 4000-4500, dengan dosen-nya yang subhanallah *tidak mengenal ampun*, dengan deadline-nya yang hari ini *padahal jadwalnya kamis tea*, dan dengan berbagai gangguan-nya yang bersifat teknis-non teknis, intern-ekstern, jadilah tugas akhir ini menjajah waktu umm penulis dan mungkin juga teman2 penulis yang lain di hari-hari terakhir minggu tenang kita.

Udah mah itu tugas sangat membelenggu, ehh..jadwal UAS hari ini pun kurang bersahabat!  Jadi ya hari ini UAS satu mata kuliah yang gimana yaa gampang-gampang susah, mata kuliah yang menuntut daya analisis kita (loh emang yang lain enggak?).  Dan, gara-gara penulis terlalu fokus ke tugas yang itu *#eaa mencari kambing hitam ini mah, padahal emang penulisnya aja yang gak bisa nge-manage waktu dgn baik*, alhasil penulis sangat sangat sangat kurang belajar buat UAS tadi *kayak yg iya suka belajar aja lagian*.  Dan, hasilnya? Jreng jreng jreng “we sow what we reap”, sekalipun yaa itu UAS-nya Open Book, which is #SESUATU yang sudah sangat langka, teteup aja njelimet buat penulis mah.  Nih yaa, dari 3 soal (ada 6 ya, tapi yang dua terakhir itu informasi aja sebenernya dan yang awal soalnya) penulis Cuma ngeberesin satu!  Itu kan disuruh nganalisis, penulis Cuma baru sampe mengidentifikasi belum masuk analisis, padahal tadi itu loh ini Open Book test, parah!

Hasilnya bakal kayak gimana entah lah, bisa jadi itu adalah hasil UAS yang paling mngecewakan buat sang dosen *maaf ya pak*.  Penulis udah pasrah soalnya Cuma penulis kayaknya yang sama sekali tidak menganalisis, kan pas mau ngumpulin penulis sambil jalan sambil lirik kesana-kemari *bukan nyontek loh wong dah mau dikumpulin!*.  Penulis sedang mencari sekutu yang juga hasil pekerjaannya gak jauh beda sama penulis, hasilny? NIHIL!  Pengen jerit-jerit dah sebenernya, pengen ditambahhin waktunya,eehh..gak dink, ulangi lagi kalau bisa, mulai dari awal, biar penulis bisa lebih cepetan dikit mikirnya.  Entahlah apa yang salah ya, apa emang otak penulis butuh peregangan apa gimana, tapi entah mengapa juga tidak ada perasaan menyesl berlebih karena hasil kerja penulis tadi.  Yang penting penulis sudah berusaha dan apa pun hasilnya ya itu konsekuensi dari usaha yang mungkin memang tidak semasif yang lain, so let’s GOD show the way.. :D

Finally, penulis ingin mengucapkan ALHAMDULILLAHIRABBIL”ALAMIIN atas berlalu nya hari ini.  Penyesalan karena kurang berusaha dengan maksimum selalu ada ya, tapi penulis berusaha tidak terperangkap disana.  Dengan penulis menyelesaikan tugas dan penulis berusaha mengerjakan UAS sekemampuan penulis yaa itu udah jadi bentuk tanggung jawab penulis sebagai mahasiswa.  Sekarang, silakan para bapak-ibu dosen yang terhormat untuk mejalankan tugasnya: semoga Anda-Anda masih sudi memeriksa dan menilai tugas dan pekerjaan saya yang mahasiswa tingkat akhir ini.  Apapun nilai akhirnya Cuma stu sih harapan penulis mah:  semua LULUS! Aamiin!

Sekali lagi ALHAMDULILLAHIRABBIL’ALAMIIN penulis ucapkan sebagai rasa syukur untuk telah terlewatinya hari ini.  Masih ada tiga-empat UAS lagi, semoga bisa jauh lebih baik ya hasilnya dan usaha penulis disana bisa maksimal guna menutupi keserbaterbatasan di hari ini.  Dan semoga semuanya tidak lepas dari berkah dan karunia-Mu ya Rabb, AAMIIN! :)

Tidak ada komentar: